4 Jenis Dan Tips Memilih Karpet Tebal Masjid Yang Awet Dan Berkualitas<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-1130">			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>

4 Jenis Dan Tips Memilih Karpet Tebal Masjid Yang Awet Dan Berkualitas

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Selain itu, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial dan keagamaan oleh masyarakat. Itulah mengapa, pemilihan karpet tebal masjid menjadi hal yang krusial. Apalagi karpet tidak hanya untuk alas yang nyaman saat beribadah, melainkan dapat memberikan estetika dan suasana yang tenang di dalam masjid.

Jenis-jenis Karpet yang Cocok untuk Masjid

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karpet tidak hanya sekadar penutup lantai, tapi juga mampu menciptakan keindahan, kenyamanan dan atmosfer yang kondusif untuk ibadah. Berikut jenis-jenis karpet masjid yang bisa disesuaikan kebutuhan, antara lain:

  1. Karpet sintesis

Jenis karpet ini terbuat dari serat sintetis, seperti polyester atau nilon. Jika dibandingkan dengan karpet yang lain, karpet sintetis lebih tahan lama dan harganya lebih terjangkau. Terlebih lagi, karpet ini juga mudah dibersihkan, sehingga bisa menjadi pilihan praktis untuk surau yang sering digunakan.

  1. Karpet wol

Jenis karpet satu ini sering digunakan dalam masjid. Ini karena wol terkenal dengan kelembutan dan kemampuannya menyerap suara. Tidak jauh berbeda dengan karpet sintetis, karpet wol juga tahan lama dan mudah dalam perawatannya. Tapi, dari segi harga, karpet wol senderung lebih mahal.

  1. Karpet dengan desain sederhana

Sebuah karpet dengan desain sederhana, tanpa banyak motif merupakan pilihan paling bijak untuk masjid. Sehingga para Jemaah bisa lebih fokus beribadah tanpa teralihkan atau terganggu dengan desain karpet yang berlebihan. Di samping itu, desan karpet tebal masjid yang sederhana juga mudah dipadukan dengan dekorasi interior masjid.

  1. Karpet yang berwarna terang

Alangkah lebih baik, jika karpet yang digunakan adalah berwarna terang, seperti biru, hijau atau coklat. Mengapa demikian? karena warna-warna tersebut dinilai mampu menciptakan suasana yang tenang dan khusyuk dalam beribadah, juga memberikan rasa damai bagi Jemaah saat berada dalam masjid.

Baca Juga  Jenis-Jenis Karpet Masjid Meteran Yang Cocok Untuk Masjid

Tips Memilih Karpet yang Awet dan Berkualitas  untuk Masjid

Bagaimana cara memilih Karpet Masjid Tebal yang awet dan berkualitas? Adapun beberapa langkah yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih karpet masjid, yaitu:

  1. Pertama, perhatikan kualitas karpet. Usahakan karpet yang dipilih terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang awet dan mudah dibersihkan, contohnya sintetis, wol atau campuran keduanya.
  2. Selanjutnya, ketebalan karpet. Berbeda dengan karpet tipis yang kurang nyaman digunakan saat beribadah, karpet tebal dipercaya bisa meredam suara langkah kaki Jemaah. Jadi, pastikan ketebalan karpet yang dipilih sesuai dengan kebutuhan masjid.
  3. Terakhir, perawatannya mudah. Mengingat masjid seringkali menjadi tempat berkumpul atau bertemunya banyak orang, sehingga membuatnya rentan terhadap debu dan kotoran. Maka, pilihlah jenis karpet tebal masjid yang mudah dibersihkan. Untuk menjaga kesucian area dalam masjid setidaknya bersihkan karpet satu bulan sekali.

Please rate this

Tinggalkan Balasan