Mau Beli Karpet Masjid Tebal? Simak Dulu Tipsnya!<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-1115">			<span class="no-rating-results-text">No ratings yet.</span>		</span>

Mau Beli Karpet Masjid Tebal? Simak Dulu Tipsnya!

Agar beribadah lebih nyaman bagi masyarakat yang tinggal di dekat masjid ataupun orang dalam perjalanan yang singgah untuk beribadah, menyediakan karpet masjid tebal memang menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Tidak hanya fungsinya saat beribadah, karpet lantai masjid juga bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan lain, seperti tadarus, pengajian, dan lainnya. Oleh karena itu, membeli karpet masjid juga harus melalui pertimbangan yang baik.

Sebelum membelinya, tahukah anda bahwa ternyata karpet tebal masjid tersebut memiliki jenis – jenis yang berbeda? Nah, sebelum anda membelikan karpet masjid terdekat yang sering dijadikan untuk ibadah, berikut informasi jenis – jenis karpet masjid, ukuran, cara merawat hingga tips sebelum membelinya.

Jenis Karpet Masjid

Karpet masjid yang sering kita jumpai di masjid ternyata memiliki jenis yang berbeda. Yaitu karpet masjid lokal, karpet masjid Turki dan karpet masjid Persia. Lalu, perbedaanya dimana? Perbedaannya ada pada pembuatannya. Jika karpet lokal di produksi di Indonesia, sama halnya karpet Turki tentu saja di produksi di negara Turki dan sama halnya juga karpet Persia dibuat di Persia.

Harga karpet ini memang berbeda – beda, tergantung dari kualitas bahan, motif dan ukurannya. Pernahkah anda melihat karpet masjid raudhah atau karpet masjid nabawi? Jika kita menilik karpet tersebut tentu termasuk jenis karpet masjid premium.

Tidak hanya kualitas bahan yang lembut, namun juga motif yang menawan dan ukuran karpet yang luar biasa panjang.  Sama halnya dengan produsen karpet baik lokal Indonesia, Turki ataupun Persia. Ketiganya tentu memiliki kualitas karpet yang premium dengan harga berbeda tergantung kualitas bahan, ketebalan, ukuran dan juga motif.

Baca Juga  Sedang Mencari Harga Karpet Masjid 1 Roll? Bagaimana Memilih Karpet Masjid Yang Tepat?

Ukuran Karpet Masjid

Karpet masjid umumnya memiliki ukuran sebesar sajadah yang sering kita pakai untuk beribadah. Yaitu sekitar 105 cm atau 120 cm. Untuk panjang satu roll karpet masjid bermacam – macam. Ada yang 6, 12, 18 sampai dengan 27 meter.

Harga Karpet Masjid

Harga karpet masjid tergantung dari kualitas dan ketebalan karpet yang anda pilih. Jika karpet masjid tebal 20 mm yang anda pilih tentu itu adalah ketebalan yang sangat baik ditambah dengan kualitas bahan yang lembut sudah menyerupai karpet di masjid nabawi tentu harganya juga cukup mahal.

Untuk harga ini sangat bervariasi. Karena karpet memiliki grade yang berbeda. Jika karpet yang anda pilih berada di grade middle (kisaran ukuran 105 cm) dengan ketebalan yang tidak terlalu besar tentu harganya cukup terjangkau.

Bagi anda yang ingin menanyakan dan juga membeli karpet untuk masjid di area jabodetabek khususnya, anda bisa menghubungi detail lengkapnya di nomor whatsapp berikut 081295188008.

Tips Sebelum Membeli Karpet untuk Masjid

Anda ingin membeli karpet masjid polos tebal ataupun karpet masjid lembut seperti karpet di masjid Nabawi dengan kualitas premium, akan lebih baiknya anda bisa mengetahui beberapa tips ini sebelum membelinya:

  1. Tentukan Budget

Agar tidak berbelanja yang terlalu impulsive dan bahan bisa membuat dana kas untuk masjid jadi minus karena habis hanya untuk membeli karpet, akan lebih baik anda benar – benar memberikan budget untuk membeli karpet ini.

Pasalnya, membeli karpet masjid tentu akan menghabiskan dana sampai jutaan. Jika tidak ditentukan dan direncanakan dengan baik, khawatirnya akan membuat pengeluaran terlalu membengkak.

  1. Ukur Ruangan Masjid

Tips selanjutnya, agar tidak membeli dan tersisa secara percuma, pastikan anda mengukur ruangan masjid yang akan diberi karpet masjid. Pastikan mengukurnya dengan benar karena hal ini bisa jadi pertimbangan untuk anda saat membeli ukuran karpetnya.

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai
Baca Juga  Tips Memilih Karpet Sajadah Masjid Yang Berkualitas Dan Nyaman, Yuk Lakukan Sekarang!

Jika masjid tidak sebesar masjid yang berada di tengah kota, tentu bisa dipertimbangkan untuk ukuran karpetnya. Umumnya, masjid kecil menggunakan karpet standar berukuran 105 cm dan masjid besar dengan jamaah yang banyak dan mungkin datang dari banyak daerah menggunakan karpet ukuran 120 cm.

Sebenarnya, ukuran ini tergantung karena pertimbangan saat sholat bisa saja kepala jamaah tersundul. Selain itu, ukuran ini juga mempertimbangkan panjang satu rollnya. Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran masjidnya.

  1. Pilih Kualitas Karpet dengan Pertimbangan Iklim

Pernahkah anda menjumpai karpet yang tebal, lembut dan empuk namun berbau apek? Nah, untuk membeli karpet masjid sejatinya akan lebih baik jika anda juga mempertimbangkan iklim atau cuacanya.

Jika di daerah tempat tinggal anda terlalu lembab, akan lebih baik menggunakan karpet dengan kelembutan yang sedang agar tidak mudah bau. Berbeda jika berada di tempat yang sejuk atau dengan hawa cukup kering, anda bisa menggunakan karpet dengan ketebalan yang baik.

  1. Pilih yang Bergaransi

Garansi sejatinya datang dari distributor atau penjualnya. Jika penjualnya cukup terkenal dan terpercaya pasti berani memberikan garansi jika ada kecacatan dalam jangka waktu beberapa hari pemakaian. Tentu pertimbangkan dengan baik karena syarat dan ketentuannya pasti akan berbeda.

Cara Merawat Karpet Masjid Tebal

Membeli karpet masjid dengan ketebalan berapapun itu akan sama saja jika anda tidak merawatnya dengan benar. Pasti ketahanannya tidak akan lama. Oleh karena itu, beberapa hal ini bisa anda lakukan untuk menjaga agar karpet masjid tebal ataupun tipis tetap awet dan tahan lama.

  1. Sedot Debu Setiap Hari

Hal pertama yang sering luput, tidak hanya menyapu lantai masjid saja, karena debu berterbangan bisa menempel di karpet. Oleh karena itu, pastikan untuk menyedot debu setiap hari agar tetap nyaman saat digunakan untuk beribadah.

  1. Gunakan Sapu Lidi Untuk Bersihkan Kotoran
Baca Juga  Tips Memberi Sumbangan Karpet Masjid

Kotoran yang kecil bisa saja terselip di karpet masjid, bisa kerikil kecil, pasir ataupun rambut. Nah, agar lebih efektif saat membersihkan, gunakanlah sapu lidi saat menyapunya. Ini akan lebih mudah untuk mengangkat kotoran dan rambut.

Usahakan untuk menyapu ini dilakukan setiap hari, bisa sebelum atau sesudah beribadah jamaah untuk menjaga kenyamanan saat menggunakannya.

  1. Cuci 1 – 2 Bulan Sekali

Jangan tunggu sampai karpet benar – benar bau apek baru di cuci. Akan lebih baik, karena digunakan setiap hari untuk bisa mencucinya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Selain bersih, tentu akan membuat aroma karpet jadi lebih harum.

Sering disadari atau tidak, karpet dengan ketebalan dan kelembutan yang baik jika terlalu sering diinjak pasti akan menipis. Nah, dengan dicuci ini juga bisa membantu menjaga kelembutannya.

  1. Gulung dengan Benar

Ingat, karpet masjid digulung bukan dilipat. Jika dilipat tentu akan membuat tekukan di karpet yang tentu saja akan merusak karpetnya. Bahkan, jika terus menerus dilipat bisa saja membuat karpetnya lama kelamaan akan sobek.

Selain itu, gulunglah dengan baik dan benar – benar presisi gulungannya. Jangan menggulung karpet masjid tebal ataupun tipis dengan gulungan yang mengerucut karena hal itu juga bisa merusak karpet.

Please rate this

Tinggalkan Balasan